WELCOME TO MY BLOG

Kamis, 10 Maret 2011

TINJAUAN ILMU BUDAYA DASAR

TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR

PENDAHULUAN

  Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah yang di hadapi manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Dengan mendapat mata kuliah Ilmu Budaya Dasar mahasiswa diharapkan kelak memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada ujmumnya dan dapat menimbulkan minat untuk mendalaminya lebih lanjut, sehingga mahasiswa diharapkan dapat turut mendukung dan mengembangkan kebudayaan sendiri dengan kreatifitas yang mereka miliki. Setelah mendapat mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memperlihatkan :
  1. Minat dan kebiasaan menyelidiki apa yang sedang terjadi di sekitarnya dan di luar lingkungannya serta mampu menelaah apa yang dikerjakannya sendiri.
  2. Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya memahami hubungan nilai-nilai tersebut dengan cara hidupnya sehari-hari.
  3. Kerelaan memikirkan kembali dengan hati terbuka nilai-nilai yang dianutnya untuk mengetahui apakah dia secara berdiri sendiri dapat membenarkan nilai-nilai tersebut untuk dirinya sendiri.
  4. Keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasa sudah dapat diterimanya dengan penuh tanggung jawab dan menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.


  Latar belakang IBD dalam konteks budaya, negara dan masyarakatIndonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :
  • Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan primordial, kesukuan, dan kedaerahan.
  • Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran system nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusia pun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ialah timbulnya konflik dalam kehidupan.
  • Kemajuan IPTEK menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi positifnya, juga memiliki segi negatif. Akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.


B. ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA KULIAH DASAR UMUM.

  Ilmu Budaya Dasar termasuk salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah dasar umum (MKDU). Secara khusus MKDU bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
  1. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tndakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
  2. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
  3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral di dalam menyikapi permasalahan kehidupan baik social, ekonomi, politik, kebudayaan, maupun pertahanan keamanan. Wawasan komperhensif maksudnya mahasiswa diharapkan mampu menangkap dengan ruang lingkup,permasalahan yang timbul dari berbagai aspek,hingga dapat memperlihatkan wawasannya yang luas
  4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta didalam pelestariannya. Karena kebudayaan merupakan warisan turun temurun yang dimiliki suatu negara maka masyarakat terutama pemuda diharap dapat ikut berperan aktif guna mempelstarikan budaya maupun alam agar tidak punah dan dijajah oleh negara lain.



PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

  Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Menurut Prof.Dr.Harsya Bachtiar, ilmu dan pengetahuan dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
  • Ilmu-ilmu Alamiah (natural science)




>>> Ilmu-ilmu alamiah bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Kajiannya menggunakan metode alamiah,dapat 100% benar 100% salah. Contoh : astronomi,fisika,kimia,kedokteran.
  • Ilmu-ilmu Sosial (social science)


Bertujuan mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Kajian mengunakan metode alamiah,hasilnya mungkin 100% benar hanya mendekati kebenaran. Contoh : Ilmu ekonomi, sosiologi, polotik, demografi, psokologi, sosiologi hukum, dsb.
  • Pengetahuan Budaya (the humanities)


Bertujuan untuk memaham dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang besifat manusiawi. Metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan yang bersifat unik,kemudian diberi arti.

D. TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR

  lmu Budaya Dasar bertujuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

E. RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

  Dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, yaitu :
  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
  2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beranekaragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat. Dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam, sosial, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, akan tetapi juga ketidakseragaman yang diungkapkan secara tidak seragam, sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.


Manusia menempati posisi sentral sebagai objek pengkajian dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. 
  • Pokok bahasan yang akan dikembangkan adalah :


1. Manusia dan Cinta kasih
* Kasih Perwujudan perasaan cinta pada sesama karya-karya seperti sajak percintaan,rekaman lagu percintaan,dsb.

2.Manusia dan keindahan
* Sulit untuk dipisahkan,diperluaskan pelestarian bentuk yang dituang dalam seni rupa,seni suara,dll.

3.Manusia dan Penderitaan
* Derita berarti merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan.

4. Manusia dan Keadilan
* Keadilan sebuah pengakuan dan pelakuan yang seimbang antar hak dan kewajiban.

5. Manusia dan Pandangan Hidup
* Manusia yang memiliki pandangan hidup berarti memiliki rencana untuk mengarahkan tujuan hidupnya untuk berbuat dan berpikir harus apa.

6. Manusia dan Tanggung Jawab serta Pengabdian
* Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dari manusia. Setiap orang harus memilikinya,karena tanggung jawab tidak akan pernjah lepas dari setiap insan manusia.

7. Manusia dan Kegelisahan
* Kegelisahan timbul karena kadaan yang membuatnya terancam atau orang yang sedang berada dikeadaan yang tak lazim.

8. Manusia dan Harapan
* Menginginkan sesuatu yang dianggapnya benar serta jujur oleh setiap manusia hingga bisa memilikinya.

Referensi Tambahan :


  •  http://panduzone.blogspot.com/2010/02/tinjauan-tentang-ilmu-budaya-dasar.html
  • http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/bab-i-tinjauan-tentang-ilmu-budaya-dasar-2/
  • http://nanditoaldo.files.wordpress.com/2011/02/bab-1-tinjauan-ibd.pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar